indonet - business enabler

Gandakan Kapasitas, Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

Jakarta 9 Januari 2019 – Alibaba Cloud meluncurkan data center keduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat. Penggandaan kapasitas data center ini dilakukan setelah peluncuran data center pertamanya pada sepuluh bulan silam.

Pada acara bertajuk ‘Hello Indonesia 2019’ itu, Alibaba Cloud juga mengumumkan peluncuran program Internet Champion Global Accelerator, sebuah program pemberdayaan perusahaan dan talenta lokal, yang berkontribusi terhadap perwujudan visi “Go Digital 2020” Indonesia.

Alibaba Cloud adalah satu-satunya perusahaan global penyedia layanan komputansi awan yang memiliki data center di Indonesia. Kedua data center Alibaba Cloud akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat, memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik. Dengan peluncuran ini, Alibaba Cloud kini memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia.

Kehadiran dua data center ini menawarkan rangkaian produk dan layanan yang komprehensif, mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri. Dengan semakin meningkatnya permintaan perusahaan Indonesia terhadap Big Data dan solusi analitik, Alibaba Cloud telah meluncurkan Machine Learning for AI dan selanjutnya akan menghadirkan elastic search pada bulan Januari ini untuk menyediakan kemampuan pencarian real-time, analisi data dan visualisasi. Selain itu, Alibaba Cloud juga telah meluncurkan Smart Access Gateway (SAG), sebuah solusi SD-WAN yang menyediakan solusi one-stop cloud connectivity untuk public cloud dan hybrid cloud environment.

Pada acara ini, Alibaba Cloud juga meluncurkan program Internet Champion Global Accelerator sebagai wujud dukungan Alibaba Cloud terhadap visi ‘Go Digital 2020’ dengan memberikan pelatihan, bimbingan dan peluang modal ventura kepada perusahaan-perusahaan dan para profesional.

Program ini diluncurkan pertama kalinya di Indonesia dan secara bertahap akan diluncurkan ke pasar global lainnya. Alibaba Cloud membuka program tersebut di Jakarta dengan memberikan gambaran tentang teknologi e-commerce kepada 300 penggiat startUp dan perusahaan, dengan menggunakan studi kasus Double 11 Global Shopping Festival Alibaba Group.

Program ini akan berlajut ke Bali pada 12 Januari mendatang untuk menghubungkan lebih dari 200 profesional dan mahasiswa.

Pada kesempatan ini, Alibaba Cloud juga mengumumkan kemitraan strategis dengan Indonet (PT IndoInternet) serta memberikan penghargaan sebagai Fastest Growing Partner of Alibaba Cloud in South East Asia.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Alibaba Cloud. Berkembangnya kebutuhan pasar membuat eksistensi produk dan layanan teknologi yang handal serta berbiaya efisien menjadi semakin penting. Adanya kerjasama ini tidak hanya dapat membantu kami memenuhi dan mendukung permintaan pasar yang terus meningkat, tapi juga menambah pengetahuan teknologi, produk dan standar layanan para mitra solusi kami,” jelas David Tandianus, Direktur Indonet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*