indonet - business enabler

Cara Menerapkan Konektivitas Cerdas dalam Strategi Multicloud Anda

Sebagian besar organisasi yang ingin merancang strategi multicloud menginginkan manfaat terbaik yang dapat diberikan oleh layanan cloud ke arsitektur jaringan mereka; fleksibilitas, ketahanan, efisiensi biaya, dan kinerja.

Apa pun itu, jika dipertimbangkan dengan cermat, arsitektur multicloud dapat mengubah cara bisnis Anda mengelola dan mengakses beban kerja data dan meningkatkan produktivitas bisnis. Berikut panduan indonet untuk membuat strategi konektivitas yang memanfaatkan keunggulan multicloud.


Pikirkan beban kerja dan kebutuhan layanan Anda sebelum membangun arsitektur Anda.

Pertama, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang berhubungan dengan cara Anda menggunakan beban kerja dan layanan Anda:


Lokasi Cloud
Di mana sebaiknya Anda mencari cloud Anda? Cari tahu apakah Anda memiliki kebutuhan komunikasi antar cloud secara global atau regional, dan ke mana tujuan sebagian besar lalu lintas Anda? seperti antar cloud dan internet, antar infrastruktur on-prem dan environment cloud, atau antara beberapa lokasi kantor.


Privasi dan Keamanan Data
Bagaimana Anda akan tetap memegang kendali penuh atas arus informasi Anda? Pertimbangkan apakah internet publik cukup aman untuk data pelanggan Anda atau tidak.


Disaster Recovery
Apakah Anda tahu seberapa cepat beban kerja Anda dapat mencapai tujuan waktu pemulihan (RTO) dan tujuan titik pemulihan (RPO) dalam keadaan darurat? Jika lingkungan pusat data Anda turun, Anda mungkin menemukan data Anda macet di cloud atau harus menyediakan terlalu banyak pada disaster recovery links yang mahal selama operasi normal.


Biaya
Cara Anda menggunakan komunikasi beban kerja di dalam dan di luar cloud dapat berdampak signifikan pada biaya. Sebagian besar penyedia cloud dengan senang hati mengizinkan lalu lintas masuk secara gratis tetapi akan mengenakan biaya untuk keluar. Sehingga penerapan beban kerja basis data yang besar dari cloud dapat meningkatkan biaya Anda.


Ketangkasan Layanan
Apakah model koneksi cloud Anda selaras dengan kecepatan, skala, kelincahan dan fleksibilitas yang Anda harapkan dari model konsumsi cloud?


Jadikan dedicated connectivity sebagai komponen dasar jaringan Anda.

Komponen konektivitas dari suatu jaringan sering kali diabaikan sebagai pertimbangan saat berpindah ke multicloud. Namun, ketika Anda memikirkan tentang persyaratan yang diperlukan untuk membuat strategi cloud Anda efektif untuk bisnis Anda, konektivitas benar-benar menjalin jalan melalui semuanya.

Jadi, masuk akal untuk membangun arsitektur jaringan multicloud Anda di atas fondasi konektivitas yang langsung, pribadi, dan sangat efisien dalam menyampaikan data Anda ke tempat yang diperlukan.

Penyedia Network as a Service (NaaS), seperti layanan HSX dari indonet, menawarkan konektivitas jaringan pribadi untuk akses langsung ke beberapa layanan cloud.

Dibandingkan dengan sebesar apapun upaya koneksi internet publik, Software Defined Network (SDN) yang diterapkan pada HSX memungkinkan cara yang lebih cepat, fleksibel dan dapat diskalakan untuk menghubungkan dan menyelaraskan konsumsi jaringan Anda dengan pemakaian cloud Anda.

Solusi HSX memberikan Anda kemampuan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis yang berubah.

HSX juga memungkinkan Anda untuk menghemat biaya dalam penyediaan beberapa koneksi antar cloud.


Jelajahi alternatif point-to-point interfaces dengan penyedia cloud.

Mengapa organisasi harus terhubung ke penyedia cloud melalui HSX?

Pertama, Sebagian besar cloud provider menawarkan produk direct connectivity untuk berinteraksi dengan cloud mereka, seperti Express Connect (Alibaba Cloud),  Direct Connect (AWS), Cloud InterConnect (Google), Express Route (Azure), dll.

Jika Anda dapat dengan mudah mendapatkan akses ke lokasi onramp penyedia cloud yang diinginkan dan hanya ingin terhubung ke satu penyedia, menggunakan koneksi point-to-point mungkin tepat untuk Anda.

Namun, ketahuilah bahwa ada prasyarat berbeda dari setiap cloud provider yang harus Anda penuhi untuk mencapai sambungan atau koneksi.

Penyediaan layanan interkoneksi cloud di HSX memberi Anda kemampuan untuk mengakses beberapa penyedia cloud dari satu titik. Ini memungkinkan Anda merancang arsitektur jaringan multicloud yang efisien tanpa perlu repot membangun dan mengelola banyak koneksi ke banyak penyedia.

Dengan HSX, Anda juga memiliki opsi akses mudah ke beberapa cloud on-ramp sehingga Anda dapat menjangkau layanan cloud yang Anda butuhkan dari mana pun Anda berada.

Koneksi fleksibel yang membuatnya mudah untuk terhubung ke penyedia atau lokasi baru dalam beberapa menit, dan kemudian menaikkan dan menurunkan bandwidth Anda untuk menyesuaikan dengan konsumsi atau kebutuhan Anda.


Jika direncanakan dan dipertimbangkan, strategi konektivitas multicloud dapat mengubah organisasi perusahaan Anda dengan berbagai keuntungan termasuk pengoptimalan biaya, kekuatan pilihan dan pengurangan risiko keamanan.

Panduan di atas dirancang untuk membantu Anda menyadari manfaat berbagai layanan cloud dan konektivitas pendukung untuk memajukan bisnis Anda sekarang dan di masa depan.