indonet - business enabler

Pahami & Evaluasi: Opsi Konektivitas Cloud yang Terbaik bagi bisnis Anda.

Kenali bermacam opsi yang tersedia untuk terhubung ke cloud, dan apa pilihan yang terbaik untuk bisnis Anda?

Ketika Anda telah memutuskan untuk terhubung ke layanan baru di cloud. Baik itu untuk aplikasi lini bisnis, pengembangan, atau sebagai alat produktivitas baru guna membantu tim mencapai progress lebih banyak, maka penting untuk Anda ketahui bahwa apa yang bisnis Anda dapatkan dari layanan cloud bergantung pada cara Anda memilih untuk terhubung dengannya.

Menilai opsi konektivitas bisa membingungkan, terutama bagi bisnis yang baru memulai hubungan dengan cloud atau mereka yang menerapkan strategi cloud baru. Seperti saat beralih ke hybrid atau multicloud. Pada situasi ini, banyak bisnis kurang memahami koneksi apa yang dibutuhkan dan seberapa efektifkah opsi koneksi yang dipilihnya.

Terkait dengan hal tersebut, kami telah mengumpulkan beberapa informasi berguna untuk membantu Anda membuat pilihan konektivitas yang tepat untuk pertama kalinya.

Berikut adalah tiga opsi konektivitas cloud utama Anda, yang sebaiknya Anda pertimbangkan saat hendak memulai langkah awal untuk terhubung ke cloud

1. Public Internet

Ini merupakan opsi konektivitas cloud paling sederhana. Koneksi ini memungkinkan Anda untuk memulai cloud dengan cepat dan memberi banyak pilihan layanan yang dapat Anda akses.

Keuntungan utama dari konektivitas internet publik adalah sangat hemat biaya, mudah disiapkan dan mudah dikelola.

Namun, kesederhanaan, efisiensi biaya, dan fleksibilitas ini memiliki harga yang mahal. Saat Anda menggunakan koneksi internet publik untuk mengakses layanan cloud, maka kinerja dan keandalannya tidak dijamin.

Jika layanan cloud Anda sangat penting untuk operasi bisnis Anda, maka downtime yang tidak terduga bisa menjadi masalah besar, dan tentunya berdampak pada perusahaan Anda, baik dari segi kinerja maupun finansial. Dengan public internet, Anda sangat terpapar dari ancaman tersebut.

Dan saat kebutuhan Anda berubah, Anda mungkin merasa ingin menghubungkan beberapa situs menggunakan cross connects atau mengintegrasikan on-premises systems dan solusi cloud secara bersamaan. Saat memiliki kebutuhan tersebut, maka internet publik tidak dapat mendukung proses itu.



2. Koneksi Direct Cloud Service Provider

Bila Anda mencari konektivitas dengan kinerja yang lebih baik dan handal, koneksi direct Cloud Service Provider (CSP) adalah pilihan yang bagus.

Dengan memasang titik koneksi fisik di data center Anda, yang dirutekan langsung ke CSP data center terdekat, Anda telah membuat koneksi pribadi (private connection) yang konstan.

private connection tersebut memberikan kinerja yang konsisten sepanjang waktu, dengan keandalan yang didukung oleh SLA yang ditentukan dalam kontrak cloud provider Anda.

Dan karena ini adalah private connection, maka koneksi jenis ini lebih aman digunakan untuk mentransfer data sensitif daripada jenis internet publik.

Namun, untuk membuat koneksi semacam ini ke CSP skala besar, Anda harus berada dalam jangkauan cloud onramp mereka secara fisik.

Jika partner yang Anda pilih tidak memiliki data center yang secara fisik cukup dekat untuk Anda sambungkan, maka koneksi direct CSP bukanlah pilihan yang tepat.

Perlu diketahui, membangun koneksi jenis ini bisa relatif mahal. Ada jumlah yang Anda investasikan dalam koneksi tersebut. Pilihan Anda pun terbatas pada apa yang CSP tawarkan.

3. Network as a Service

Network as a Service (NaaS) adalah opsi konektivitas yang relatif baru, tetapi banyak yang telah menemukan bahwa jaringan ini secara efektif dapat memberikan yang terbaik dari public internet dan konektivitas direct CSP – sambil memitigasi banyak tantangan yang terkait dengan keduanya.

Anda terhubung ke partner NaaS dengan cara yang sama seperti Anda terhubung langsung ke CSP, melalui koneksi fisik ke data center mereka. Itu memberi Anda jenis kinerja, keamanan dan keandalan yang sama seperti yang Anda harapkan dari koneksi CSP, tetapi di sanalah kesamaannya berakhir.

Mitra NaaS Anda tidak terikat dengan vendor cloud tertentu, mereka dapat membantu Anda mengakses layanan apa pun yang Anda inginkan, dari penyedia mana pun, melalui satu portal. Ini adalah kebebasan dan fleksibilitas koneksi internet publik yang dipadukan dengan keandalan dan kontrol koneksi CSP pribadi.

Mitra NaaS secara efektif membawa keunggulan Cloud Service Provider lebih dekat ke bisnis Anda – memberikan onramp fisik ke layanan CSP di area yang secara fisik tidak dilayani oleh CSP itu sendiri.

Untuk berbagai macam bisnis, ini adalah revolusi, memungkinkan mereka untuk terhubung dengan penyedia cloud yang sebelumnya jauh dari jangkauan fisik mereka.

Dalam hal efektivitas biaya, NaaS menanggung biaya penyiapan untuk membangun koneksi fisik awal Anda. NaaS juga menawarkan ketenangan pikiran karena seiring kebutuhan cloud Anda berubah, Anda akan dapat menggunakan koneksi yang sama untuk mengakses layanan apa pun yang Anda butuhkan di masa depan.

Karena model penetapan harga NaaS diselaraskan dengan cara Anda menggunakan layanan cloud, Anda memiliki kebebasan untuk hanya membayar bandwidth yang Anda perlukan dan melakukan koneksi yang sesuai. Tidak ada kontrak lock-in atau jangka panjang.

Selain itu, mitra yang sama dapat membantu Anda menghubungkan banyak titik infrastruktur dan layanan Anda sendiri di seluruh wilayah geografis – membuatnya lebih mudah untuk membangun dan mengonfigurasi lingkungan cloud hybrid saat bisnis Anda tumbuh dan berkembang – dan menskalakan ke pasar baru dengan mudah.

Tertarik dengan NaaS?

Di HSX kami memimpin revolusi Network as a Service. Jika NaaS terdengar seperti jalur ideal Anda menuju cloud, hubungi kami, dan kami akan bekerja sama dengan Anda untuk memahami kebutuhan bisnis Anda dan membantu Anda merencanakan strategi konektivitas cloud yang sempurna.

Kunjungi HSX untuk mempelajari lebih lanjut.